Cara mempecepat Loading Form Kotak Komentar di Blog

Posted by Unknown

Kotak Komentar Defalut
Salam sobat-sobat blogger, pada artikel saya kali ini saya akan mempostkan Cara mempecepat Loading Form Kotak Komentar di Blog. Sekedar untuk memberi tau sebenarnya kotak komentar defalut di blog selain mengandung banyak error dan soucrenya tidak sepenuhnya XTML, sebenarnya form komentar default blogger juga mempunyai permasalahan lain yaitu, terdapat kejanggalan dalam cara penulisan kode pemanggilan iframe dari form tersebut. mungkin sobat-sobat semua langsung akan mengatakan Why you can say "janggal"?, karna pemanggilan iframenya dibuat terpisah menjadi dua bagian yaitu :
Kode src yang biasanya digunakan untuk memanggil data external, entah kenapa dibuat terpisah dengan tautan link menuju halaman form komentar yang asli dari blogger, permasalahan ini membuat loading form komentar kita menjadi lambat.
Efeknya mungkin tidak terlalu terasa namun akan terlihat lambanya loading page terutama kotak komentar blog kita saat para pengunjung blog membaca konten post kita sampai habis terlebih dahulu. Why?, karna saat para pembaca selesai membaca artikel, form komentar memang sudah berhasil diload hingga selesai dengan sempurna. Namun, bila kita bandingkan lebih lanjut, lama loading form komentar dengan widget-widget yang ada disidebar menu, saya jamin pasti akan terlihat seberapa lama loading iframe kotak blog tersebut.
Seringkali, elemen dari sidebar tampil terlebih dulu dibandingkan dengan form komentar. Hal ini tentu saja membingungkan, karna seharusnya, form komentar adalah elemen yang tampil pertama kali setelah konten post, sesuai dengan letak kodenya yang berada persis dibawah kode main post blog. Baru setelah itu, kode sidebar dan footer.
Dan kalo blog sobat-sobat semua mengalami masalah yang persis seperti pembahasan sebelumnya, berikut ini ada cara untuk memperbaiki "kejanggalan" form komentar tersebut.
  1. Login ke akun Blogger sobat masing masing
  2. Masuk ke menu Design
  3. Kemudian pilih Edit HTML, kemudian berikan tanda centang (check mark) pada kolom Expand Widget Template. (jangan lupa untuk melakukan backup template blog terlebih dahulu, untuk mengatisipasi dari kesalahan nantinya) 
  4. Lalu carilah kode seperti ini di template sobat semua :
  5. Sobat-sobat semua perhatikan kode diatas. Kode data:post.commentFormIframeSrc dan src yang seharusnya bisa ditulis bersamaan, malah dibuat terpisah, dengan target src iframe yang dibiarkan kosong.
  6. Browser biasanya cenderung lambat dalam merespon kode src yang null alias kosong, maka kita harus mengganti struktur penulisannya menjadi lebih benar. Bagaimana caranya? Pindahkan kode data:post.commentFormIframeSrc kedalam target src yang kosong, seperti ini :
  7. Selanjutnya, hapuslah kode <a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>
     Sekarang kode form komentar kita sudah lebih singkat seperti dibawah ini :
  8. Save template, dan selamat mencoba kinerja form komentar sobat sekarang.
Selamat mencoba & semoga artikel saya bisa membantu sobat-sobat semua ^.^

{ 0 comments... read them below or add one }


Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini